Open top menu
Jumat, 06 September 2013

Resep cara membuat ikan bakar relatif cukup mudah dan simpel. Tidak seperti memasak masakan di dapur, ikan bakar bisa kita buat di mana saja dan bahan-bahan untuk membuat bumbunya pun bisa dicari dengan mudah. Sangat disarankan untuk langsung membakar ikan yang masih segar agar rasa daging ikannya bisa berasa. Jika yang dibakar itu ikan yang sudah mati apalagi sudah berbau agak tidak enak, tentu rasa yang dihasilkan nantinya tidak terlalu enak. Ikan bakar sangat cocok disantap di luar rumah, seperti di halaman rumah, lebih enak lagi jika dibakar di pingiran pantai atau sungai. Oh ya, ikan bakar kali ini terlebih dahulu kita goreng sebentar agar ikan bisa sepenuhnya matang dan rasanya lebih enak.

Resep cara membuat ikan bakar yang akan kita masak kali ini adalah ikan gurame. Sebenarnya bisa memakai ikan jenis apa saja, namun agar hasilnya lebih mantab dan wenak kita pilih gurame saja. Kalau gak  ada gurame ya bisa pakai ikan mas, ikan nila, ikan mujaer, atau semacamnya. Saya pilih gurame karena memang rasa dagingnya lebih gurih dan pastinya kandungan gizi yang dikandung juga banyak. Untuk per 100 gramnya saja kita bisa mendapatkan kandungan gizi yang lumayan banyak. Lihat saja tabel kandungan gizi berikut ini.

- Kandungan -- Jumlah -
Energi 192 kkal
Fosfor 169 mg
Kalsium 283 mg
Karbohidrat 12,7 gr
Lemak 10,1 gr
Protein 12,7 gr
Vitamin A 63 IU
Vitamin B1 0,1 mg
Vitamin C 0 mg
Zat Besi 1,1 mg

Langkah-langkah cara membat ikan bakar
Bahan utama :
    cara membuat ikan bakar
  • Ikan gurame (jika tidak ada bisa pakai ikan jenis apa saja)
  • minyak goreng untuk menggoreng.
  • satu sendok teh garam
Bumbu olesan :
  • satu siung bawang merah yang diiris-iris.
  • satu sendok makan merica bubuk.
  • setengah cangkir kecap manis.
  • dua sendok makan saos pedas.
  • Semuanya dihaluskan.
Proses pembuatannya :
  1. Bersihkan terlebih dahulu ikannya. Bisa dipotong menjadi dua bagian ataupun tetap utuh.
  2. Ikan dicampur dengan garam, kemudian digoreng sebentar, jangan sampai garing.
  3. Setelah digreng, campur ikan tersebut dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan kecap.
  4. Bakar di atas arang atau jika ada bakar di panggangan sambil dibolak-balik agar matangnya merata. Olesi lagi dengan bumbu kemudian bakar lagi.
  5. Setelah matang, ikan siap bakar siap untuk disajikan.
Itulah resep cara membuat ikan bakar yang cukup sederhana namun hasilnya memuaskan. Silakan coba sendiri di rumah bersama teman-teman dan keluarga anda.

Baca juga Resep yang Lain :
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar

Gambar Satu

Gambar Satu
Gambar Pisau